Translate

Minggu, 20 Mei 2012

“Jabir Award” Pelopor Lomba Matematika Integrasi di Tanah Madura


Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional SMA Negeri 1 Sumenep bekerjasama dengan Bakir Global Finance Institute (BGF Institute)- Jakarta, mengadakan lomba matematika integrasi”Jabir Award” (Minggu,20/mei/ 2012). Lomba ini diselenggarakan di SMA Negeri 1 Sumenep diikuti oleh siswa SMA/MA/SMKse Madura. Babak penyisihan dilaksanakan di pagi hari pukul 08.00 -10.00. Lomba tersebut memperebutkan hadiah medali emas, perak, dan  perunggu serta hadiah Blackberry, Handphone Samsung serta beasiswa pendidikan.
Jabir Award” merupakan sebuah apresiasi terhadap pakar matematika Al-Jabru yang sampai saat ini teorinya masih dipergunakan dan kita kenal dengan matematika aljabar. Lomba tersebut merupakan lomba matematika integrasi pertama kali diadakan di wilayah Madura. Menurut ketua pelaksana, Drs.Kadarisman, lomba ini merupakan  upaya untuk mengenalkan matematika sebagai bagian integral dari kehidupan. Sehingga dalam soal-soal yang diberikan mengarah ke hal tersebut.”Matematika adalah bagian tak terpisah dari kehidupan kita,sehingga perludiingatkan  bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sebenarnya sangat menarik” ujarnya.
Seleksi tahap pertama tidak kurang diikuti sekitar 120 siswa SMA/MA/SMK utusan dari wilayah Madura berkompetisi untuk berebut tiket ke babak final. Babak Final dilaksanakan pada pukul 14.00 sampai pukul16.00 WIB. Peserta mengerjakan 40butir soal obyektif dalam waktu 120 menit Panitia akan memilih 20 peserta dengan urutan nilai  yang diperoleh dari hasi ltes untuk berkompeteisi di babakfinal. Di babak final, peserta akan berkompetisi mengerjakan 20 butir soal uraian dalam waktu paling lama120 menit. Dari nilai yang diperoleh akan diperingkat dan akan ditentukan 3 pemenang untuk Juara I, 3 Pemenang untuk juara II,  dan 3 Pemenang untuk juaran III.
Pada babak final terpilih 25 siswa untuk berkompetisi mengerjakan soal uraian sebanyak 20 butir soal dan waktu yang disediakan 120 menit. Dari hasilseleksi babak final ditentukan 9 orang pemenang. Pemenang pertama diraih Alyssa Diva Mustika (SMA Negeri 1 Pamekasan),Moh. Taufik Hakiki SMA Negeri 1 Sumenep), Moh. Ali Anshori (SMA Negeri 2 Pamekasan).Berhak mendapat Medali emas, Blackberry, beasiswa pendidikan sebesar Rp. 1.200.000. Pemenang II diraih  Eka Putra Sanbari (SMAN 1 Sumenep), AkhmadFadjri Yudiharto (SMA Negeri 1 Sumenep), Amir Fahrizal Yakin (SMA Negeri 1 Pamekasan).Berhak mendapatkan Medali Perak, Handphone Samsung dan Beasiswa pendidikan sebesar Rp.600.000. Juara III diraih Ubaid El-Ahyar A (SMAN 1 Pamekasan), Nur Bandarullah (SMA Negeri 1 Sumenep)Rozah Fitria Primardhika (SMA Negeri 1 Sumenep). Berhak mendapatkan medali perunggu dan uang pembinaan sebesar Rp.1000.000.
.
Penyerahan hadiah dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 Sumenep pada acara penutupan yang dilakukan di aula SMAN 1 Sumenep diiringi dengan Band GUmsa Sumenep. (HR).


Tidak ada komentar: