Translate

Senin, 30 September 2013

Pinhole Camera; Menemukan Estetika pada Benda Mainan

Tiga Sepeda Motor
Memotret dengan kamera lubang jarum(pinhole camera) memiliki keasyikan tersendiri dengan keterbatasan fasilitas yang dimilikinya. Suatu keasyikan yang menuntut para penggunanya untuk melatih kepekaan terhadap cahaya dan posisi ombyek untuk mendapatkan hasil jepretan yang menarik. Kuat lemahnya cahaya, obyek yang dijadikan target,mau pun waktu pengambilan gambar –berkenaan dengan intensitas cahaya adalah faktor-faktor yang tak dapat diabaikan.

Kali ini saya mencoba bermain dengan barang mainan anak-anak, baik benda miniatur mau pun hasil rakitan dari barang bekas. Ada miniatur sepedamotor dan beberapa sepeda motor mainan yang dirakita sendiri anak saya. Obyek tersebut menjadi sasaran yang sangat menarik minat saya untuk diabadikannya, saya berkeyakinan kalau pegambilan secara close up akan menghasilkan gambar seperti foto ukuran obyek yang sebenarnya.

Beberapa waktu  sebelumnya saya pernah mengambil obyek berlawanan dengan arah datangnya sinar matahari. Ternyata hasilnya kurang bagus,karena obyek yang diambil warna putih metalik. Hasil yang membuat saya penasaran untuk kembali melakukan pengambilan gambar.

Pada pengambilan gambar berikutnya dilakukanpada siang haripukul 10.3 WIB,dan matahari cukup terik. Obyek ditaruh di tempat terbuka dan terpapar langsung sinar matahari, sehingga menimbulkan bayangan obyek di salah satu sisi. Bayangan obyek bisa berpengaruh terhadap nilai artistik, sehingga perlu diperhitungkan agar jatuhnya bayangan bisa menambah nilai estetika.

Siang itu posisi obyek dengan kamera berjaraksekitar 10 cm dengan tujuan obyek bisa di close up dengan harapan gambar yang diproleh bisa mirip dengan ukuran obyek sebenarnya.Tantangan yang sangat menarik karena saat bekerja dengan pinhole camera, kita tidak bisa melihat  langsung obyek yang tertangkap dalam kamera sehingga gambar yang diambil kadang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Motor Gede
Namun, kadang ada faktor-faktor  di luar perhitungan menjadikan keberuntungan yang menambah unsur artistik tanpa pernah kita rencanakan. Sehingga tidak semua hasil sesuai dengan kita rencanakan, tetapi tidak usah khawatir karena kekurangan-kekurangan ini justru menjadi sisi menarik dari pengambilan obyek dengan mempergunakan pinhole camera.(Hidayat Raharja).
    
Tiga Sepeda Motor



 
     
Di Depan Pagar

Tidak ada komentar: