oleh: Hidayat Raharja
Fosil Ikan - Karya Siswa Kelas XII IPA5 SMA Negeri 1 Sumenep |
Setiap guru memiliki
tanggung jawab untuk mengembangkan
kepribadian peserta didik. Maka, setiap mata pelajaran hendaknya bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan kecakapan dan kepribadian; kognitif, afektif dan psikomotorik.
Pengembangan kecakapan ini dapat diaplikasikan dengan berbagai pendekatan dan
metode pembelajaran yang variatif dan berpusat kepada peserta didik.
Kreativitas pembelajaran adalah sebuah upaya untuk
melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan untuk melakukan eksplorasi terhadap
potensi peserta didik yang bervariasi, serta membuat anak betah dan termotivasi
belajar, serta mengembangkan diri. Pembelajaran kooperatif, konstruktifis,
proyek dan inquiri merupakan salah satu pilihan untuk mengembangkan kecakapan
dan kepribadian anak baik secara personal mau pun secara sosial. Sebuah pilihan
yang memungkinkan untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
Biologi sebagai salah satu mata pelajaran dengan berbagai materi yang sangat menarik
karena, antara lain: pertama banyak
ditemukan dan berhubungan dengan kehidupan. Kedua,
ada beberapa materi yang bersifat abstrak karena rumit untuk mengamati secara
langsung, dan ketiga unik karena kontraversial seperti teori
evolusi. Meski begitu ada materi yang bisa mengembangkan kecakapan peserta
didik dalam segi estetika dan apresiasi sambil belajar materi biologi.
Materi mengenai fosil sebagai petunjuk adanya evolusi
adalah salah satu materi yang sangat menarik sambil mempelajari fosil dengan
membuat fosil tiruan di atas kertas. Sebuah kerja kreatif disamping memberikan
pemahaman mengenai fosil dan proses terbentuknya, juga merangsang berkembangnya
kreativitas peserta didik.
Peserta Didik Sedang Menggunting Pola |
Seminggu sebelum materi mengenai fosil diberikan siswa
diminta untuk menyiapkan kertas dan pewarna seta lembaran aneka macam daun
untuk dijadikan cetakan. Alat dan bahan yang diperlukan antara lain: (1) Kertas
ukuran A3 untuk memberikan keleluasaan bagi peserta didik melakukan eksplorasi.
(2) Pewarna yang dipergunakan bisa kesumba atau cat kayu, mau pun cat
tembok.(3) Gunting, untuk memotong pola pada lembaran daun serta (4) Kuas kecil,dan
jangan lupa (5) Aneka bentuk dan ukuran lembaran daun. Prisnsip yang paling penting adalah peserta
didik memahami mengenai fosil terbentuknya fosil dan hubungannya dengan evolusi
makhluk hidup.
Sibuk mewarna pola sebelum ditempelkan ke permukaaan kertas |
Cara kerja: (1) jika hanya ingin membuat fosil daun,
maka lembaran daun yang telah dibawa di
bagian bawahnya diolesi cat sampai merata. Kemudian letakkan pada lembaran
kertas sisi daun yang diolesi cat tersebut,tekan lalu angkatlah lembaran daun
tersebut.Maka akan terlihat pada permukaan kertas akan tergambar gari-s-garis
(urat daun) atau pola daun. (2)Jika kita ingin melakukan eksplorasi bentuk
dapat dilakukan dengan menyusun cetakan –cetakan daun seperti pada kegiatan pertama
sampai membentuk motif hewan atau tumbuhan yang kita proyeksikan fosilnya. (3)
Apabila ingin membentukpola tertentu,misalnya fosil ikan,dapat dilakukan dengan
membuat pola gambar dilembaran daun. Aneka bentuk ikan dan binatang laut bisa
mencari di internet. Setelah bentuk ikan terpola di lembaran daun, guntinglah
bagian yang tak dikehendaki dalam pola atau gambar. Berilah pewarna atau cat
pada bagian bawah lembaran daun yang telahberbentukobyek fosil yang kita
kehendaki. Tempelkan permukaan yang ada catnya dipermukaan kertas, tekan
sehingga gambar atau pola tergambar di atas lembaran kertas.
****
Mencetak Pola di Atas Kertas |
Pada saat kegiatan berlangsung, para siswa bekerja
dengan riang dan penuh semangat. Mereka yang ingin memindahlan pola daun secara
utuh, langsung memberikan warna pada permukaan bawah lembaran daun, dan
menempelkannya di ataspermukaan kertas. Ada senyum terbit dari sudut bibirnya.
Ada lagi yang melihat situasi dengan mengamatipekerjaan temannya kemudian mulai
bekerja.
Kelompok yang lain menyiapkan pola obyek yang akan
dijadikan fosil. Mereka membuat pola dengan mempergunakan pulpen menggambar
obyek di lembaran daun, lalu diguntingnya. Umumnya mereka membuat pola tubuh
ikan dengan aneka bentuk dan ukuran. Pola yang sangat menarik.Salah seorang
siswa yang membawa lembaran daun ketapang dan membuat pola seperti ikan dorang.
Suasana kerja menjadi riang dan tidak terasa waktu 45 menit telah berakhir.
Karya-karya itu dikeringkan dan kemudian dikumpulkan.
Pengalaman belajar dengan Fossil Artwork Project memiliki
kesan yang amat menarik dan bermakna,yaitu: pertama,
peserta didik belajar sambil membat cetakan daun dengan aneka bentuk merupakan
sebuah aktivitas yang memacu kreativitas, dan keberanian mereka untuk mencoba
dan tidak takut salah. Sebab, tidak semua siswa suka kegiatan menggambar dan
semacamnya. Beberapa di antara mereka menyatakan tidak sanggup, namun ketika
produk hasil kerja mereka tidak akan dinilai jelek, sebagai bentuk
apresiasi terkadap kerja yang
merekalakukan. Kedua, proyek tersebut
memberikan pemahaman bagi peserta didik mengenai terbentuknya fosil, adanya
cetakan yang tidak utuh di atas kertas,laksana cetakan fosil teumbuhan dan hewa
di bebatuan bumi. Ketiga, menumbuhkan
rasa percaya diri ketika semua hasil kerja mereka dinilai baik, artinya dalam
kerja semacam ini semua dikategorikan sebagai karya yang bagus,setiap karya
adalah unik. Mereka tidak ragu bekerja. Keempat,
merekabelajar menyampaikan apa yang telah dilakukan,dengan menjelaskan “cetakan
fosil” yang dibuatnya. Kelima, mengembangkan estetika dan apresiasi dalamdiri
peserta didik sehingga bisa lembut perasaanya dan membangun
empatiterhadaplingkungan sekitarnya.
Fossil
Artwork Project dapat menjadi pilihan
alternatif dalam pembelajaran fosil sebagai bukti adanya makhluk hidup di masa
silam evolusi makhluk hidup.Juga proyek ini memberikan pengalaman siswa dalam
belajar biologi, praktik kerja seni fosil.
*Penulis adalah Pengampu
mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sumenep
Berikut beberapa contoh hasil kerja siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Sumenep:
BINTANG LAUT |
REPTIL |
SERANGGA |
FOSIL IKAN |
FOSIL DAUN |
IKAN-IKAN |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar