Translate

Kamis, 17 Januari 2013

Fossil Artwork Project dan Kreativitas Pembelajaran Biologi

oleh: Hidayat Raharja
 
Fosil Ikan - Karya Siswa Kelas XII IPA5 SMA Negeri 1 Sumenep
Setiap guru memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kepribadian peserta didik. Maka, setiap mata pelajaran hendaknya bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan kecakapan dan kepribadian; kognitif, afektif dan psikomotorik. Pengembangan kecakapan ini dapat diaplikasikan dengan berbagai pendekatan dan metode pembelajaran yang variatif dan berpusat kepada peserta didik.
Kreativitas pembelajaran adalah sebuah upaya untuk melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan untuk melakukan eksplorasi terhadap potensi peserta didik yang bervariasi, serta membuat anak betah dan termotivasi belajar, serta mengembangkan diri. Pembelajaran kooperatif, konstruktifis, proyek dan inquiri merupakan salah satu pilihan untuk mengembangkan kecakapan dan kepribadian anak baik secara personal mau pun secara sosial. Sebuah pilihan yang memungkinkan untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
Biologi sebagai salah satu mata pelajaran  dengan berbagai materi yang sangat menarik karena, antara lain: pertama banyak ditemukan dan berhubungan dengan kehidupan. Kedua, ada beberapa materi yang bersifat abstrak karena rumit untuk mengamati secara langsung, dan ketiga  unik karena kontraversial seperti teori evolusi. Meski begitu ada materi yang bisa mengembangkan kecakapan peserta didik dalam segi estetika dan apresiasi sambil belajar materi biologi.
Materi mengenai fosil sebagai petunjuk adanya evolusi adalah salah satu materi yang sangat menarik sambil mempelajari fosil dengan membuat fosil tiruan di atas kertas. Sebuah kerja kreatif disamping memberikan pemahaman mengenai fosil dan proses terbentuknya, juga merangsang berkembangnya kreativitas peserta didik.
Peserta Didik Sedang Menggunting Pola


Seminggu sebelum materi mengenai fosil diberikan siswa diminta untuk menyiapkan kertas dan pewarna seta lembaran aneka macam daun untuk dijadikan cetakan. Alat dan bahan yang diperlukan antara lain: (1) Kertas ukuran A3 untuk memberikan keleluasaan bagi peserta didik melakukan eksplorasi. (2) Pewarna yang dipergunakan bisa kesumba atau cat kayu, mau pun cat tembok.(3) Gunting, untuk memotong pola pada lembaran daun serta (4) Kuas kecil,dan jangan lupa (5) Aneka bentuk dan ukuran lembaran daun.  Prisnsip yang paling penting adalah peserta didik memahami mengenai fosil terbentuknya fosil dan hubungannya dengan evolusi makhluk hidup.
Sibuk mewarna pola sebelum ditempelkan ke permukaaan kertas


Cara kerja: (1) jika hanya ingin membuat fosil daun, maka  lembaran daun yang telah dibawa di bagian bawahnya diolesi cat sampai merata. Kemudian letakkan pada lembaran kertas sisi daun yang diolesi cat tersebut,tekan lalu angkatlah lembaran daun tersebut.Maka akan terlihat pada permukaan kertas akan tergambar gari-s-garis (urat daun) atau pola daun. (2)Jika kita ingin melakukan eksplorasi bentuk dapat dilakukan dengan menyusun cetakan –cetakan daun seperti pada kegiatan pertama sampai membentuk motif hewan atau tumbuhan yang kita proyeksikan fosilnya. (3) Apabila ingin membentukpola tertentu,misalnya fosil ikan,dapat dilakukan dengan membuat pola gambar dilembaran daun. Aneka bentuk ikan dan binatang laut bisa mencari di internet. Setelah bentuk ikan terpola di lembaran daun, guntinglah bagian yang tak dikehendaki dalam pola atau gambar. Berilah pewarna atau cat pada bagian bawah lembaran daun yang telahberbentukobyek fosil yang kita kehendaki. Tempelkan permukaan yang ada catnya dipermukaan kertas, tekan sehingga gambar atau pola tergambar di atas lembaran kertas.
****
Mencetak Pola di Atas Kertas

Pada saat kegiatan berlangsung, para siswa bekerja dengan riang dan penuh semangat. Mereka yang ingin memindahlan pola daun secara utuh, langsung memberikan warna pada permukaan bawah lembaran daun, dan menempelkannya di ataspermukaan kertas. Ada senyum terbit dari sudut bibirnya. Ada lagi yang melihat situasi dengan mengamatipekerjaan temannya kemudian mulai bekerja.
Kelompok yang lain menyiapkan pola obyek yang akan dijadikan fosil. Mereka membuat pola dengan mempergunakan pulpen menggambar obyek di lembaran daun, lalu diguntingnya. Umumnya mereka membuat pola tubuh ikan dengan aneka bentuk dan ukuran. Pola yang sangat menarik.Salah seorang siswa yang membawa lembaran daun ketapang dan membuat pola seperti ikan dorang. Suasana kerja menjadi riang dan tidak terasa waktu 45 menit telah berakhir. Karya-karya itu dikeringkan dan kemudian dikumpulkan.
Pengalaman belajar dengan Fossil Artwork Project memiliki kesan yang amat menarik dan bermakna,yaitu: pertama, peserta didik belajar sambil membat cetakan daun dengan aneka bentuk merupakan sebuah aktivitas yang memacu kreativitas, dan keberanian mereka untuk mencoba dan tidak takut salah. Sebab, tidak semua siswa suka kegiatan menggambar dan semacamnya. Beberapa di antara mereka menyatakan tidak sanggup, namun ketika produk hasil kerja mereka tidak akan dinilai jelek, sebagai bentuk apresiasi  terkadap kerja yang merekalakukan. Kedua, proyek tersebut memberikan pemahaman bagi peserta didik mengenai terbentuknya fosil, adanya cetakan yang tidak utuh di atas kertas,laksana cetakan fosil teumbuhan dan hewa di bebatuan bumi. Ketiga, menumbuhkan rasa percaya diri ketika semua hasil kerja mereka dinilai baik, artinya dalam kerja semacam ini semua dikategorikan sebagai karya yang bagus,setiap karya adalah unik. Mereka tidak ragu bekerja. Keempat, merekabelajar menyampaikan apa yang telah dilakukan,dengan menjelaskan “cetakan fosil” yang dibuatnya. Kelima, mengembangkan estetika dan apresiasi dalamdiri peserta didik sehingga bisa lembut perasaanya dan membangun empatiterhadaplingkungan sekitarnya.
Fossil Artwork Project dapat menjadi pilihan alternatif dalam pembelajaran fosil sebagai bukti adanya makhluk hidup di masa silam evolusi makhluk hidup.Juga proyek ini memberikan pengalaman siswa dalam belajar biologi, praktik kerja seni fosil.

*Penulis adalah Pengampu mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sumenep

Berikut beberapa contoh hasil kerja siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Sumenep:
BINTANG LAUT
REPTIL   
SERANGGA



FOSIL  IKAN
FOSIL DAUN
IKAN-IKAN
  

Tidak ada komentar: